Abstract:
Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan modul fisika berbasis multimodel pada materi impuls dan momentum linear yang layak untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Kelayakan ditinjau dari validitas, kepraktisan, dan efektivitas. Modul fisika ini dikembangkan menggunakan Flip PDF Professional. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan, dengan model pengembangan ADDIE dan diuji cobakan pada 34 siswa kelas X MIPA 4 SMAN 4 Banjarbaru. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar uji validasi, angket respon siswa, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Modul fisika berbasis multimodel dinyatakan layak karena diperoleh validitas berkategori sangat baik, kepraktisan berkategori, dan efektivitas berkategori sedang; (2) Modul fisika dinyatakan valid dengan rata-rata skor 3,41 berkategori sangat baik; (3) Modul fisika dinyatakan praktis dengan rata-rata skor 3,35 berkategori baik; (4) Modul fisika dinyatakan efektif dengan N-gain score sebesar 0,50 berkategori sedang (5) Modul fisika dinyatakan cukup mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan rata-rata skor 52,68 berkategori cukup. Simpulan penelitian yang diperoleh modul fisika berbasis multimodel yang dikembangkan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Dengan demikian, modul pembelajaran ini dapat digunakan guru sebagai alternatif untuk dijadikan referensi dan sumber belajar dalam proses pembelajaran untuk melatih dan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada siswa.
Kata kunci: Modul, multimodel, pemecahan masalah.