Abstract:
Cetty Puspitasari 1810412120013, 2022, Pemanfaatan Media Sosial
Instagram sebagai Sarana Promosi Para Pedagang Jilbab di Pasar Baru Banjarmasin,
di bawah bimbing: Hj. Nurul Wahyuni, S.Sos, M.AB.
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui pemanfaatan media sosial
pada pedagang jilbab di Pasar Baru Banjarmasin. Penelitian ini merupakan penelitian
kualitatif dengan menggunakan desain penelitian fenomenologis. Masalah yang
diteliti mencakup Pemanfaatan media sosial sebagai sarana promosi para pedagang
jilbab di Pasar Baru Banjarmasin dan kendala yang di rasakan pedagang jilbab
melalui media sosial sebagai sarana promosi. Data yang diperoleh dengan cara
wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Pemanfaatan media sosial
sebagai sarana promosi para pedagang jilbab di Pasar Baru Banjarmasin. Tujuan
promosi melalui Instagram supaya lebih dikenal pelanggan lebih luas, mempermudah
promosi penjualan, dan meningkatkan penjulan yang menghasilkan tingkat lebih
banyak. Pedagang jilbab memberikan pelayanan yang baik dan memanfaatkan fitur –
fitur yang ada pada media sosial instagram. Kendala yang dihadapi para pedagang
jilbab yaitu adanya keraguan pada konsumen untuk membeli dengan melalui online
karena banyaknya penipuan dan meniru produk dengan harga murah.
Kata Kunci : Pemasaan, Promosi Online, Media sosial Instagram, Tingkat penjualan.