Abstract:
Flow akademik adalah salah satu aspek penting yang perlu dimiliki dalam
mendukung aktivitas pembelajaran. Diketahui bahwa flow akademik pada peserta
didik lebih sering muncul ketika mereka bersama teman dibandingkan saat
sendirian. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya
hubungan antara kelekatan teman sebaya dengan flow akademik pada peserta didik
SMA di Kota Martapura. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan
jenis korelasional. Subjek dalam penelitian ini adalah 230 orang peserta didik SMA
di Kota Martapura yang dipilih melalui teknik cluster random sampling. Instrumen
penelitian yang digunakan sebagai alat pengumpulan data adalah The Flow
Inventory for Student (LIS) untuk variabel flow akademik dan Inventory of Parent
and Peer Attachment (IPPA) untuk variabel kelekatan teman sebaya. Analisis data
terdiri dari uji asumsi klasik dan uji hipotesis berupa uji korelasi product moment
melalui SPSS versi 26. Berdasarkan hasil uji hipotesis diketahui nilai r = 0,298
dengan taraf signifikansi 0,000 (p<0,05). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat
hubungan yang postif secara signifikan antara kelekatan teman sebaya dengan flow
akademik pada peserta didik SMA di Kota Martapura.
Kata kunci: Kelekatan teman sebaya, flow akademik, peserta didik