Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Bahan ajar (RPP, Materi ajar, LKPD, dan THB) fisika untuk melatih keterampilan proses sains peserta didik SMA Negeri 2 Kintap yang layak digunakan dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian secara khusus yaitu untuk mendeskripsikan: 1) validitas Bahan ajar, 2) kepraktisan Bahan ajar, 3) efektivitas Bahan ajar, dan 4) pencapaian keterampilan proses sains peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Subjek penelitian yaitu kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 2 Kintap sebanyak 20 peserta didik. Data penelitian diperoleh dari lembar validasi, lembar pengamatan keterlaksanaan RPP, lembar pengamatan keterampilan proses sains, dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1)validitas Bahan ajar berkategori baik berdasarkan hasil penilaian validator, 2)kepraktisan Bahan ajar berkategori baik berdasarkan keterlaksanaan RPP, 3)efektivitas Bahan Ajar berkategori baik karena mencapai nilai tinjauan KKM sekolah, 4)ketercapaian keterampilan proses sains peserta didik berkategori sangat baik. Diperoleh kesimpulan Bahan ajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing layak untuk melatihkan keterampilan proses sains.