Abstract:
Abstrak- Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kontribusi pajak reklame, efektivitas pajak
reklame terhadap pendapatan asli daerah dan untuk mengetahui elastisitas pajak reklame
terhadap PDRB Kota Banjarmasin pada tahun 2016-2020. Penelitian ini menggunakan
metode penelitian deskriptif kuantitatif. Menggunakan data sekunder yang bersumber dari
BPKPAD dan Badan Pusat Statistik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa selama periode 2016-2020, rata-rata
kontribusi penerimaan pajak reklame Kota Banjarmasin terhadap pendapatan daerah masih
rendah, yaitu sebesar 1,32%. Sementara itu, selama periode 2016-2020, efektivitas
penerimaan pajak reklame Kota Banjarmasin dinilai sangat tinggi dengan rata-rata 82,67%.
Untuk periode waktu 2016-2020, rata-rata elastisitas penerimaan pajak reklame terhadap
PDRB memiliki rata-rata sebesar -0,28% sehingga bersifat inelastis. Artinya, setiap 1%
perubahan PDRB, dapat menurunkan realisasi pajak reklame sebesar -0,28%.
Kata Kunci : Pajak Reklame; PAD; PDRB; Kontribusi; Efektivitas; Elastisitas