Abstract:
Penelitian ini adalah Penelitian pengembangan dengan menggunakan Penelitian Desain
Pendidikan (Educational Design Research) model evaluasi formatif Tessmer. Penelitian
ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mendeskripsikan validitas,
kepraktisan dan keefektifan hasil pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik biologi
terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik SMP kelas VIII. LKPD biologi yang
dikembangkan berupa konsep sistem dalam tubuh manusia, yaitu 1) sistem gerak, 2)
sistem pencernaan dan 3) sistem peredaran darah. Penelitian dilakukan selama 6 bulan
(Juli - Desember). Uji validasi pada tiga pakar ahli pendidikan IPA, uji coba kelompok
kecil pada empat peserta didik dan uji coba lapangan pada tiga belas peserta didik kelas
VIII SMP Hasbunallah. Data diperoleh dari instrumen penelitian berupa lembar penilaian
validitas, angket keterlaksanaan dan efektifitas. Analisis data dilakukan secara deskriptif
kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan Lembar Kegiatan Peserta Didik Biologi SMP
oleh tiga orang ahli menunjukkan validitas dengan kategori sangat valid. kepraktisan isi,
harapan dan aktual Lembar Kegiatan Peserta Didik dinyatakan sangat baik. Nilai rerata
keefektifan berpikir kritis dengan kategori tinggi. Jadi, hasil penelitian pengembangan
kesimpulannya Lembar Kegiatan Peserta Didik Biologi terhadap Keterampilan Berpikir
Kritis Peserta Didik SMP layak digunakan dalam proses pembelajaran