Abstract:
Pengembangan bahan ajar berbasis lokal masih belum dimanfaatkan secara maksimal dalam pembelajaran khususnya pada mata kuliah Ekologi Hewan terlebih pada keanekaragaman jenis makrozoobentos sehingga cenderung menimbulkan kebingungan pada kalangan mahasiswa pada saat pembelajaran sehingga penting dikembangkannya Buku Ilmiah Populer dalam upaya membantu mahasiswa memahami materi pembelajaran khususnya dalam upaya melatih keterampilan berpikir kritis mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Buku Ilmiah Populer yang valid, praktis dan efektif. Metode yang digunakan adalah mengacu pada desain evaluasi formatif dari Tessmer. Tahap-tahap pengembangan meliputi evaluasi diri, uji pakar, uji perorangan, uji kelompok kecil, dan uji lapangan. Subjek penelitian adalah 3 pakar pembelajaran biologi, 3 mahasiswa untuk uji perorangan, 3 mahasiswa untuk uji kelompok kecil dan 15 mahasiswa untuk uji lapangan. Teknis analisis data dilakukan sesuai dengan tujuan dari penelitian yang meliputi validitas yaitu didapatkan berdasarkan rata-rata nilai yang diberikan oleh 3 validator. kepraktisan didapatkan berdasarkan nilai dari respon mahasiswa dan keterlaksanaan penggunaan Buku Ilmiah Populer oleh observer dan keefektifan Buku Ilmiah Populer didapatkan berdasarkan hasil LKM dan soal evaluasi yang dikerjakan oleh mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan Buku Ilmiah Populer yang telah dikembangkan dinyatakan sangat valid dengan nilai rata-rata 88,68% sedangkan berdasarkan uji perorangan mendapatkan kriteria sangat baik dengan nilai rata-rata 91,67%, kepraktisan harapan dengan nilai sebesar 93,33?n kepraktisan aktual sebesar 95,83% sehingga keduanya mendapatkan kriteria sangat baik, keterlaksanaan harapan dan aktual mendapatkan kriteria sangat baik dengan nilai 85.19%. Buku ilmiah populer yang dikembangkan dinyatakan efektif untuk digunakan berdasarkan hasil keterampilan berpikir kritis mahasiswa yang mengalami peningkatan pada keefektifan uji kelompok kecil (harapan) dengan nilai 66,78?n pada uji lapangan (aktual) diperoleh nilai 71,38%. Berdasarkan data tersebut maka nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,5 pada uji kelompok kecil (harapan) dan pada uji lapangan (aktual) sebesar 0.6 berada pada kriteria sedang. Kesimpulan hasil penelitian menunjukan bahwa Buku Ilmiah Populer yang dikembangkan sangat valid, sangat praktis dan efektif sehingga Buku Ilmiah Populer ini dapat melatih keterampilan berpikir kritis mahasiswa.
Kata Kunci: Buku Ilmiah Populer, Keterampilan Berpikir Kritis, Ekologi Hewan, Makrozoobentos