Abstract:
BPJS Kesehatan dalam tugasnya guna meningkatkan pelayanan yang diberikan untuk peserta
Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) maka diluncurkanlah Aplikasi Mobile
JKN sebagai bentuk transformasi digital. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi layanan
jaminan kesehatan melalui pemanfaatan aplikasi Mobile JKN di BPJS Kesehatan, dijabarkan dalam
variabel kualitas aplikasi, tanggapan pengguna, dan efisiensi penerapan. Penelitian yang dilaksanakan
menggunakan metode kajian pustaka (studi literature review) jenis scoping review, tersistematis
mensintesis dari penelitian-penelitian sebelumnya yang berkaitan. Penelitian-penelitian sebelumnya
tersebut ditemukan melalui Google Schoolar, dan Portal Garuda dan setelah dilakukan penyaringan
didapatkan 10 artikel penelitian. Proses sintesis menunjukkan hasil yaitu kualitas aplikasi Mobile JKN
sudah baik (100%), tanggapan pengguna aplikasi Mobile JKN sudah baik (100%), dan efisiensi
penggunaan sudah baik (66,7%). Kesimpulan telaah literature review menunjukkan bahwa pelayanan
jaminan kesehatan melalui pemanfaatan teknologi Mobile JKN yang dijabarkan dalam variabel kualitas
aplikasi, tanggapan pengguna, dan efisiensi penerapan sudah dinilai baik. BPJS Kesehatan disarankan
untuk memprioritaskan pengembangan kualitas aplikasi dan layanan costumer service di Mobile JKN
sehingga pelayanan BPJS Kesehatan dapat diperoleh peserta dengan lebih mudah.
Kata kunci: Layanan Jaminan Kesehatan, Mobile JKN, BPJS Kesehatan