Abstract:
ABSTRAK
Uswatun Hasanah. 2022 Tingkat Literasi Digital Guru IPA Biologi dalam Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19 Di MTs Negeri 2 Kapuas. Pembimbing: Prof. Dr. H. Aminuddin Prahatama Putra, M.Pd; Dr. Ir. Badruzsaufari, M.Sc;
Tantangan Pendidikan Abad 21 era digital 4.0 menuntut proses pembelajaran mengikuti digitalisasi. Sejak tahun 2019 dunia dilanda pandemi Covid-19, kondisi ini membuat pemerintah mengeluarkan kebijakan pembelajaran jarak jauh secara online. Sehingga kompetensi literasi digital menjadi kebutuhan mendesak yang harus dimiliki guru dalam melaksanakan pembelajaran. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat literasi digital dan karakteristik setiap tingkat literasi digital guru IPA Biologi dalam pembelajaran masa pandemi Covid-19 di MTsN 2 Kapuas. Metode penelitian adalah deskriptif kualitatif dengan tiga orang subjek penelitian. Instrumen penelitian meliputi instrumen utama peneliti sendiri dan instrumen pendukung lembar tertulis guru (LTG). Tingkat literasi digital dikategorikan berdasarkan teori hipotetik dengan lima tingkatan, yaitu LDGPP 4 (sangat tinggi), LDGPP 3 (tinggi), LDGPP 2 (sedang), LDGPP 1 (rendah) dan LDGPP 0 (sangat rendah). Hasil penelitian menunjukkan tingkat literasi digital guru IPA Biologi dalam pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 di MTsN 2 Kapuas terdiri dari dua tingkatan yaitu LDGPP 4 (sangat tinggi) dan LDGPP 3 (tinggi).