Abstract:
Kinerja pegawai dapat diukur dengan individu yang menjalankan tugas dan tanggungjawabnya dari yang mempunyai keahlian ataupun kemampuan yang dimiliki dan tentunya hal ini dilihat dengan nilai, norma dan aturan yang berlaku dalam mencapai tujuan dari organisasi, yaitu hasil dari pekerjaan yang harus dilakukan. Diadopsi.Melalui pendekatan kualitatif deskriptif yang digunakan dalam metode penelitian yang mengacu pada empat indikator yakni kualitas pekerjaan, kuantitas, keandalan atau ketidakandalan, dan sikap. Penelitian dilakukan di Kantor Desa Sungai Bulan, Kec. Pulau Laut Selatan, Kab. Kotabaru dengan melalui informan. Teknik pengumpulan data: melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Kualitas kerja pegawai saat ini jauh dari optimal. Hal ini terlihat dari adanya pegawai yang tidak sopan/tidak ramah kepada masyarakat, kurang disiplin, dan kurang keterbukaan informasi. Jumlah dan kehandalan pegawai dapat diverifikasi setelah pekerjaan selesai sesuai SOP yang ada. Pegawai yang bekerja sesuai dengan tugas pokok dan fungsi perannya dengan memiliki standar pelayanan yang jelas dan membuat masyarakat merasa nyaman.
Kata Kunci : Kinerja pegawai, Memberikan pelayanan