Abstract:
Sumber belajar adalah salah satu komponen pembelajaran yang cukup penting untuk menentukan berhasil atau tidaknya pembelajaran. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mendapatkan validitas dan kepraktisan Buku Ilmiah Populer keanekaragaman ikan Sungai Haliau dalam menumbuhkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Penelitian pengembangan dilakukan melalui evaluasi formatif model Tessmer. Penelitian dilaksanakan selama enam bulan (Januari-Juni 2022) di FKIP Jurusan Pendidikan Biologi. Subjek penelitian pada expert review terdiri dari 3 dosen Magister pendidikan Biologi ULM , one to one terdiri dari 3 mahasiswa, small test terdiri dari 5 mahasiswa dan field test sebanyak 10 mahasiswa pengikut mata kuliah zoologi vertebrata. Data penelitian diukur dengan cara menghitung skor validitas dan kepraktisan dan dianalisis secara deskriptif. Aspek validasi produk adalah koherensi, keterbacaan, kosa kata, kalimat aktif dan pasif, aplikasi dan implikasi, definisi dan penjelasan dan gaya lain perangkat. Sedangkan data kepraktisan diperoleh dari data uji keterbacaan mahasiswa dan respon mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas berdasarkan hasil validasi tim ahli memiliki skor rata-rata 88,46?ngan kategori sangat valid. Sedangkan kepraktisan berdasarkan hasil respon mahasiswa dengan persentase 94,56%, tergolong kriteria sangat baik dan keterlaksanaan buku ilmiah populer sebesar 88,89?ngan kriteria sangat baik. Dengan demikian BIP sudah dapat digunakan dalam pembelajaran mata kuliah zoologi vertebrata.