Abstract:
Ketersediaan modul elektronik yang interaktif dan mampu melatihkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik masih sangat sedikit di sekolah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul elektronik pada topik usaha dan energi yang valid, praktis dan efektif sehingga layak digunakan untuk melatihkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Subjek uji coba penelitian adalah 33 peserta didik kelas X MIPA 4 SMA Negeri 8 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data menggunakan penilaian validitas berupa lembar validasi, kuisioner berupa angket respons peserta didik dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan: (1) modul elektronik dinyatakan valid, (2) modul elektronik dinyatakan praktis, ditinjau dari angket respons peserta didik, (3) modul elektronik dinyatakan efektif, ditinjau dari n-gain score rata-rata untuk mengukur keterampilan pemecahan masalah sebesar 0,76 dalam kategori tinggi, dan (4) modul elektronik dinyatakan dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik ditinjau dari perbandingan hasil pre-test dan post-test pada butir 2 sampai 6. Dengan demikian, modul elektronik fisika topik usaha dan energi adalah layak digunakan untuk melatihkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik.
Kata Kunci: modul elektronik; usaha dan energi; keterampilan pemecahan masalah.