Abstract:
Permasalahan yang dihadapi yaitu pembelajaran yang dilaksanakan belum secara optimal memenuhi tuntutan kurikulum pendidikan di antaranya dalam mengembangkan berpikir kritis. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan BIP Etnobotani tumbuhan Rubiaceae yang valid, praktis, dan efektif untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis. Metode penelitian menggunakan model EDR melalui evaluasi formative Tessmer meliputi evaluasi diri, uji pakar (3 dosen), uji kelompok kecil (5 mahasiswa), dan uji lapangan (20 mahasiswa S1 Pendidikan Biologi yang telah lulus mata kuliah Etnobotani). Hasil penelitian memperoleh nilai 3,5 kriteria sangat valid, uji perorangan memperoleh nilai 94,23% kriteria sangat baik, uji kelompok kecil memperoleh nilai 95,20% kriteria sangat baik dan uji lapangan 96,60% kriteria sangat baik, respon peserta didik terhadap BIP pada uji kelompok kecil mendapatkan rata-rata keseluruhan 88,89?n uji lapangan memperoleh 90,00%. Kepraktisan harapan dan aktual telah terpenuhi yang artinya BIP mudah untuk digunakan. Hal ini didukung oleh respon positif dari peserta didik terhadap pembelajaran menggunakan BIP yang dikembangkan. Keterampilan berpikir kritis mahasiswa termasuk kategori tinggi dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,7 sehingga dapat diimplementasikan dalam pembelajaran. Kesimpulannya pengembangan BIP yang dikembangkan valid, praktis dan efektif digunakan terhadap keterampilan berpikir kritis mahasiswa.
Kata Kunci : BIP, Etnobotani, Keterampilan berpikir kritis, Rubiaceae