Abstract:
Literasi sains merupakan salah satu tujuan utama pembelajaran IPA. Namun kemampuan tersebut belum dilatihkan dengan baik, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat STEM-PBL pada materi suhu dan kalor yang layak untuk meningkatkan literasi sains peserta didik. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE dan uji coba penelitian dengan one group pre-test and post-test pada 57 peserta didik kelas VII A SMPN 14 Banjarmasin dan VII C SMP Negeri Kertak Hanyar. Data dikumpulkan menggunakan instrumen validasi perangkat pembelajaran, angket respon peserta didik, dan tes literasi sains. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perangkat STEM-PBL termasuk valid, karena hasil validasi RPP, materi ajar, LKPD, dan LP Literasi Sains memenuhi kriteria valid dan reliabel; (2) perangkat STEM-PBL termasuk praktis, karena respon peserta didik terhadap aktivitas STEM-PBL pada uji coba terbatas dan uji coba luas dalam kategori sangat praktis; dan (3) perangkat STEM-PBL termasuk efektif, karena peningkatan literasi sains pada uji coba terbatas dan uji coba luas dalam kriteria tinggi. Selain itu, literasi sains pada uji coba luas mengalami peningkatan secara signifikan dan konsisten dalam kriteria tinggi. Dengan demikian, perangkat STEM-PBL yang dikembangkan adalah layak untuk meningkatkan literasi sains peserta didik dalam pembelajaran IPA.