Abstract:
ABSTRAK
Sutiono, Yuli. 2022. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Materi Energi dan Daya Listrik Menggunakan Project Based Learning Terintegrasi STEM untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Keyakinan Diri Peserta Didik SMP. Pembimbing: (1) Dr. Rahmat Yunus, M.Si; (2) Dr. Suyidno, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran materi energi dan daya listrik menggunakan Project Based Learning terintegrasi STEM (STEM-PjBL) yang layak untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan keyakinan diri peserta didik. Penelitian pengembangan ini menggunakan formative evaluation Tessmer, meliputi self evaluation, expert review (3 pakar dan 2 praktisi), one to one evaluation (3 peserta didik), small group test (8 peserta didik), dan field test (16 peserta didik). Pengumpulan data menggunakan instrumen validasi perangkat pembelajaran, pengamatan aktivitas guru dan peserta didik, tes kreativitas, dan angket keyakinan diri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat STEM-PjBL termasuk valid, karena hasil validasi silabus, RPP, materi ajar, LKPD, dan tes berpikir kreatif memenuhi syarat valid. Perangkat STEM-PjBL termasuk praktis karena aktivitas guru dan peserta didik pada small group maupun field test dalam kategori sangat praktis. Selain itu, perangkat STEM-PjBL termasuk efektif karena: (1) kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada small group umumnya dalam kategori baik, sedangkan nilai N-gain pada kelompok 2 dan 3 masing-masing 0,69 dan 0,74 dengan kategori sedang dan tinggi; dan (2) keyakinan diri peserta didik pada small group (kelompok 1) umumnya berkategori tinggi dan pada field test (kelompok 2 dan 3) dalam kategori sangat tinggi. Dengan demikian, perangkat STEM-PjBL yang dikembangkan termasuk layak untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan keyakinan diri peserta didik dalam pembelajaran IPA.
Kata kunci: Berpikir kreatif, keyakinan diri, PjBL, STEM.