Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat pemahaman konsep peserta didik pada materi fluida statis dan mendeskripsikan miskonsepsi peserta didik pada materi fluida statis. Jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA MAN 1 Kota Banjarmasin. Sampel penelitian diambil dengan teknik sensus/sampling total yaitu sebanyak 86 peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan cara melakukan test diagnostik menggunakan four-tier diagnostic test disertai dengan certainty of response index (CRI) kemudian mengkategorikan ke dalam kategori Paham Konsep (PK), Miskonsepsi (M), Tidak Tahu Konsep (TTK), dan Paham Konsep Kurang Yakin (PKKY). Teknik analisis data dilakukan dengan cara menghitung persentase peserta didik yang mengalami miskonsepsi. Peserta didik kelas XI IPA MAN 1 Kota Banjarmasin mengalami miskonsepsi sebesar 20?n dapat dikategorikan ke dalam miskonsepsi kategori rendah. Dari penelitian ini, diharapkan peneliti selanjutnya dapat menganalisis penyebab miskonsepsi yang dialami peserta didik, agar dapat mereduksi persentase miskonsepsi yang dialami oleh peserta didik.