Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menghasilkan konten instagram sebagai media pembelajaran IPA berbasis authentic problem untuk meningkatkan literasi sains dan motivasi peserta didik SMP pada topik kalor dan perpindahannya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dimana langkah-langkah yang dilakukan menggunakan model ADDIE. Hasil validasi konten media instagram oleh 3 orang pakar yang menunjukkan persentase 87,5?ngan kriteria valid dan reliabilitas sebesar 0,62 dengan kriteria sedang. Validasi angket motivasi dengan persentase 93,06?ngan kriteria sangat baik. Nilai rerata keterlaksanaan RPP selama 5 pertemuan sebesar 3,84 berkriteria baik dengan koefisien kesepakatan sebesar sebesar 0,69 berkriteria konsistensi sedang. Kemudian pada literasi sains diperoleh skor n-gain sebesar 0,60 dengan kriteria sedang. Pada motivasi peserta didik diperoleh skor n-gain sebesar 0,47 dengan kriteria sedang. Lalu setelah melakukan uji normalitas dan uji homogenitas maka dilanjutkan uji t untuk literasi sains dengan hasil sig. pretest sebesar 0,596 dan sig. posttest sebesar 0,949. Selanjutnya untuk motivasi diperoleh nilai Z sebesar -3,300 dengan nilai asymp. sig (2 tailed) sebesar 0,001 < 0,005, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi kesimpulannya terdapat perbedaan nilai yang signifikan terhadap perlakuan dengan konten media dan tanpa konten media.