Abstract:
Maulida Yuniati, 1810411620033, 2022. Kualitas Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Studi di Kantor Unit Pelayanan Pendapatan Daerah (UPPD) 1 Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan). Di bawah bimbingan Sugeng Karyadi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor di Kantor Unit Pelayanan Pendapatan Daerah (UPPD) 1 Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan. Serta untuk mengetahui faktor-faktor penghambat dalam kualitas pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor di Kantor Unit Pelayanan Pendapatan Daerah (UPPD) 1 Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan.
Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian ini bertempat di Kantor Unit Pelayanan Pendapatan Daerah (UPPD) 1 Banjarmasin Jl.Jend. A. Yani Km.6 Kecamatan Banjarmasin Timur, Pemurus Dalam, Kota Banjarmasin 70249 Kalimantan Selatan. Data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan Kualitas Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor di Kantor Unit Pelayanan Pendapatan Daerah (UPPD) 1 Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan cukup baik, dapat dilihat dari 5 (lima) dimensi layanan untuk mengukur kualitas pelayanan, yaitu Reliability (Kehandalan), Responsiveness (Daya Tanggap), Assurance (Jaminan), Empathy (Empati), dan Tangibles (Bukti Fisik). Dalam penelitian ini juga terdapat beberapa faktor penghambat yang ditemukan dalam pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor yaitu sumber daya manusia dalam memberikan pelayanan serta kurang nya pemahaman dari masyarakat.
Berdasarkan hasil dari penelitian ini disarankan kepada Kantor UPPD 1 Banjarmasin untuk meningkatkan kembali dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan tanggap untuk memberikan informasi yang jelas kepada masyarakat yang kurang paham.
Kata kunci : Kualitas, Pelayanan, Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor.