Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya kemampuan kreativitas berdasarkan tujuan Kurikulum 2013. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar model inquiry-discovery learning yang valid, praktis, dan efektif sehingga layak digunakan untuk melatihkan kreativitas peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dimana desain penelitian menggunakan model ADDIE. Desain uji coba menggunakan one group pre-test post-test design pada 20 peserta didik di kelas X MIPA 1 SMAN 12 Banjarmasin. Data diperoleh melalui intrumen lembar validasi bahan ajar, lembar keterlaksanaan RPP, dan tes kemampuan kreativitas. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif, rata-rata, dan N-gain. Hasil penelitian menunjukkan: (1) bahan ajar model inquiry-discovery learning termasuk valid karena validitas RPP diperoleh nilai 3,44; materi ajar diperoleh nilai 3,46; LKPD diperoleh nilai 3,45; dan THB diperoleh nilai 3,42 dalam kategori sangat valid, (2) bahan ajar model inquiry-discovery learning termasuk praktis karena komponen RPP dapat terlaksana dengan kategori sangat praktis, (3) bahan ajar model inquiry-discovery learning termasuk efektif karena nilai N-gain sebesar 0,69 berarti dalam kategori sedang. Diperoleh simpulan bahwa bahan ajar model inquiry-discovery learning yang dikembangkan termasuk layak untuk melatihkan kemampuan kreativitas peserta didik