Abstract:
Tujuan penelitian untuk menganalisis pengaruh penggunaan e-commerce di bidang fashion terhadap peningkatan laba usaha mikro di Kabupaten Hulu Sungai Utara. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Hulu Sungai Utara dengan metode kuesioner dan wawancara. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 36 orang yaitu 18 orang yang menggunakan e-commerce dan 18 orang yang tidak menggunakan e-commerce. Metode analisis data dengan pendekatan analisis kuantitatif. Setelah data terkumpul, selanjutnya data akan dianalisis dengan aplikasi yaitu SPSS 22. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi variabel dummy untuk menentukan hubungan antara variabel bebas dan terikat. Hasil yang diperoleh menggunakan SPSS dengan uji asumsi klasik, regresi linier berganda, dan uji hipotesis dapat disimpulkan melalui uji F dan uji T bahwa modal usaha, lama usaha dan penggunaan e-commerce berpengaruh signifikan secara simultan terhadap laba usaha di Kabupaten Hulu Sungai Utara dan secara parsial, lama usaha tidak berpengaruh signifikan terhadap laba usaha di Kabupaten Hulu Sungai Utara dan Laba usaha penggunaan e-commerce di Kabupaten Hulu Sungai Utara lebih besar dari pada non e-commerce.