Abstract:
Penelitian di latarbelakangi karena belum adanya materi ajar gelombang dengan menggunakan aplikasi bookcreator. Maka, dalam penelitian bermaksud untuk mengembangkan materi ajar gelombang berbasis aplikasi bookcreator menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing yang valid, praktis, dan efektif sehingga layak di pergunakan untuk proses suatu pembelajaran berlangsung. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Subjek uji coba pada penelitian ini merupakan peserta didik dari kelas XI MIPA di suatu SMA Negeri di Banjarmasin yang berjumlah 28 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan penilaian validitas berupa lembar validasi yang dinilai terdiri dari tiga orang validator, terdiri dari dua orang akademisi serta satu orang praktisi. Hasil dari penelitian menunjukkan: 1) materi ajar dikembangkan dinyatakan valid dengan nilai reliabilitas 0,62 yang berkategorikan tinggi, 2) LKPD dikembangkan dinyatakan valid dengan nilai reliabilitas 0,66 dengan kategori tinggi, dan 3) THB dikembangkan dinyatakan valid dengan nilai reliabilitas 0,42 yang berkategorikan cukup. Dengan demikian, materi ajar gelombang berbasis aplikasi bookcreator menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci: materi ajar gelombang; bookcreator; inkuiri terbimbing