Abstract:
Yunida Sari Ulpah, 1810414320019, 2022, Personal Branding Yulia Baltschun Melalui Akun Instagram (Studi Analisis Grid Citra Pada Followers Akun Instagram @yuliabaltschun). Dibimbing oleh Yuanita Setyastuti.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai citra personal branding Yulia Baltschun melalui akun Instagram @yuliabaltschun. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui kuesioner dan observasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis grid citra dari Philip Kotler.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa personal branding Yulia Baltschun melalui akun Instagram memperoleh 93,53% pada skala pengenalan untuk kategori dikenal, dengan respon tertinggi 95% untuk indikator kesatuan dan terendah 91,5% indikator kepemimpinan. Sedangkan 99,9% yang mengenal Yulia Baltschun pada skala kenal suka mengkategorikan pribadi yang baik, dengan mendapatkan penilaian sempurna (100%) pada indikator spesialisasi, kepemimpinan, perbedaan, kenampakan, dan keteguhan. Maka berdasarkan hasil analisis, personal branding yang dilakukan Yulia Baltschun melalui akun Instagram mendapatkan penilaian dikenal dan citra positif. Sehingga citra personal branding Yulia Baltschun terletak pada grid A.
Kata Kunci: Personal Branding, Analisis Grid Citra, Media Sosial