Abstract:
ABSTRAK
Anita Rahma, 1710411320005, 2022, Kualitas Pelayanan Publik Dalam Pembuatan Akta Kelahiran Di Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Dibawah bimbingan Ibu Erma Ariyani, S.Sos, M.Sc.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas pelayanan publik dalam pembuatan akta kelahiran dan faktor-faktor yang menghambat kualitas pembuatan akta kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Hulu Sungai Tengah.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan penelitian dalam penelitian ini adalah Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Hulu Sungai Tengah sebagai informan utama, serta 2 orang pegawai bidang pencatatan sipil dan Seksi Kelahiran, dan 3 orang masyarakat pengguna layanan sebagai informan pendukung. Teknik analisis data yang digunakan dibagi menjadi beberapa tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Mekanisme pelayanan dalam Pembuatan Akta Kelahiran Umum di Dinas kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Hulu Sungai Tengah sesuai prosedur dari intansi, sedangkan pembuatan akta kelahiran istimewa harus membuat surat permohonan dan prosesnya melalui pengadilan serta harus membayar denda administrasi akibat keterlambatan.
Penelitian ini menunjukkan kualitas pelayanan publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Kabupaten Kabupaten Hulu Sungai Tengah dinilai dari dimensi reliability, tangible, responsiveness, assurance, empathy. Berdasarkan (1) dimensi reliability, pegawai melakukan pelayanan dengan cepat dan memuaskan, persyaratannya mudah dan tidak ada biaya, namun untuk kedsiplinan pegawai masih kurang, karena ditemukan pegawai yang datang terlambat pada jam sesudah istirahat. (2) dimensi tangible, fasilitas pendukung pelayanan di Dindukcapil Kabupaten Hst sudah cukup memadai dan memuaskan masyarakat, namun untuk ketersedian tempat parkir yang kurang rapi dan pendingin ruangan yang masih kurang memuaskan (3) responsivenes, dalam menanggapi keluhan dari masyarakat dan saat masyarakat menghadapi kesulitan/kebingungan dalam mengurus layanan masih ada yang kurang memenuhi SOP dan ketentuan kepala dinas pencatatan sipil, (4) assurance, kemampuan pegawai dan kecermatan petugas dalam memberikan pelayanan sudah sangat terampil dan cermat, namun dalam sikap petugas untuk meumbuhkan kepercayaan pelayanan masih ada yang kurang, dapat diihat masih ada masyarakat yg masih bolak balik untuk melengkapi persyaratan administrasi, dan (5) empathy, keramahan dan kesopanan pegawai dan juga kemampuan petugas dalam memahami keinginan dalam memberikan pelayanan sudah memuaskan , petugas tidak membeda-bedakan status, namun masih ada ditemukan pegawai yang tidak adil dalam melayani seperti jika ada berteman dengan pegawai maka urusan akan dipermudah.
Faktor-faktor yang menghambat kualitas pelayanan akta kelahiran di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Hulu Sungai Tengah ialah sarana prasarana seperti keadaan komputer yang kurang modern, lahan parkir yang kurang rapip serta mesin pendingin yang sudah rusak, Kendala kedua ialah kesadaran masyarakat karena kesadaran masyarakat akan pentingnya tertib administrasi kependudukan masih rendah, Kendala terakhir adalah keterbatasan jumlah tenaga SDM di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Hulu Sungai Tengah untuk membantu proses penyelesaian pelayanan akta kelahiran.
Upaya untuk mengatasi hambatan tersebut antara lain tekait Sarana dan prasarana yang memadai akan memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengguna layanan serta dapat tercapai pelayanan yang sesuai dengan harapan masyarakat sebagai pengguna layanan dengan melakukan pendataan sarana prasarana, inventarisasi sarana prasarana, penataan sarana prasarana. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Hulu Sungai Tengah juga akan mensosialisasikan kepada masyarakat tehadap pentingnya akan tertib administrasi kependudukan
Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Akta Kelahiran