Abstract:
Sistem pembelajaran di Indonesia mengalami perkembangan yang begitu
pesat. Penggunaan teknologi yang semakin canggih mampu memudahkan
pengajar untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan. Blended learning
merupakan Sistem pembelajaran saat ini menjadi inovasi yang efektif untuk
mencapai tujuan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan
iklim belajar terhadap kepuasan belajar dalam sistem blended learning pada
mahasiswa STIE Pancasetia Banjarmasin. Sampel penelitian menggunakan teknik
proportionate stratified random sampling, sehingga sebanyak 132 mahasiswa
angkatan 2019-2021 jurusan manajemen dan akuntansi yang menjadi sampel
penelitian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu skala students
Learning satisfaction questionnaire (SLSQ) oleh Topala dan Tomizii (2014) dan
the Learning Climate Questionnaire (LCQ) William dan Deci (1996). Metode
yang digunakan ialah metode regresi linear sederhana. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa terdapat peranan iklim belajar terhadap kepuasan belajar
dengan pengaruh sebesar 31,0?n nilai koefisien yang bernilai positif sebesar
0,473. Hal ini berarti semakin tinggi iklim belajar maka semakin tinggi pula
kepuasan belajar dalam sistem blended learning mahasiswa STIE Pancasetia
Banjarmasin.
Kata kunci: Iklim belajar, kepuasan belajar, blended learning, mahasiswa