Abstract:
Perkembangan teknologi dalam pembelajaran online menuntut guru terampil dalam mengelola kelas guna meningkatkan rasa antusias peserta didik dalam pembelajaran. Aplikasi Ruangguru memudahkan guru pada pelaksanaan pembelajaran sejarah di SMA Negeri 2 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang meliputi: wawancara, observasi, dan dokumentasi dalam teknik pengumpulan data. Hasil penelitian ini aplikasi Ruangguru dapat membantu guru melaksanakan secara bervariasi pembelajaran serta peningkatan kualitas pembelajaran di era digital. Guru mengelola kelas dengan baik menggunakan aplikasi Ruangguru. Kemampuan guru mengelola kelas pada pelaksanaan pembelajaran pada kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup berjalan baik. Pelaksanaan pembelajaran sejarah oleh guru mata pelajaran sejarah melalui persiapan yang telah dirancang dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang berpedoman pada Kurikulum 2013. Implementasi pembelajaran sejarah pada aplikasi Ruangguru menggunakan sistem manajemen pembelajaran (LMS). Fitur-fitur pada aplikasi Ruangguru yang mendukung pelaksanaan pembelajaran guna mempermudah proses pelaksanakan pembelajaran peserta didik.