Abstract:
Video pembelajaran diharapkan dapat menigkatkan minat dalam pembelajar yang
dapat menarik perhatian mahasiswa 1. Mengembangkan video pembelajaran
menggunakan pendekatan kognitif untuk meningkatkan minat belajar mahasiswa mata
kuliah pemasaran pendidikan ekonomi FKIP ULM. 2. Mengetahui kelayakan video
pembelajaran menggunakan pendekatan kognitif untuk meningkatkan minat belajar
mahasiswa mata kuliah pemasaran pendidikan ekonomi FKIP ULM. 3. Mengetahui
Peningkatan minat belajar mahasiswa pendidikan ekonomi FKIP ULM . Model
penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan atau
Research and Development (R&D) dan menggunakan model pengembangan 4D
(four-D). terdisi atas 4 tahap utama, yaitu define, design, develop, dan disseminate
atau pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. hasil data dari ahli
instrumen memperoleh presentase 100?ngan kategori “sangat layak”, ahli media
memperoleh presentase 97,6?ngan kategori “sangat layak”, hasil data ahli materi
memperoleh hasil presentase 100?ngan kategori “sangat layak”, dan hasil analisis
data dari ahli naskah memperoleh hasil presentase 94,27?ngan kategori “Sangat
Layak”. Hasil pengukuran meningkatkan minat belajar mahasiswa uji n-gain
memperoleh 0,64?pat dikategorikan sedang Dapat disimpulkan bahwa video
pembelajaran pembelajaran pemasaran menggunakan pendekatan kognitif untuk
meningkatkan minat belajar sangat layak digunakan.