Abstract:
ABSTRAK
Sari, Era Yulita. (2022). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Materi Gaya dan
Gerak Menggunakan Kombinasi Model Problem Based Learning (PBL) dan Group
Investigation (GI) pada Siswa Kelas IV SDN Sungai Jinggah 1 Banjarmasin Utara .
Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Pra Sekolah Dasar dan Sekolah Dasar, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen
Pembimbing: Drs. Radiansyah, M.Pd.
Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Pengukuran Sudut, Kombinasi Model Problem Based
Learning (PBL) dan Group Investigation (GI)
Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar dan hasil belajar
siswa pada materi pengukuran sudut. Hal tersebut disebabkan oleh pembelajaran yang
terlaksana hanya menggunakan metode penyampaian saja tanpa adanya demonstrasi,
pembelajaran yang bersifat satu arah dan siswa tidak dilibatkan secara langsung sehingga
siswa belum mendapatkan pengalaman konkrit dalam pembelajaran. Upaya untuk
mengatasi masalah tersebut yaitu melalui kombinasi model Problem Based Learning
(PBL) dan Group Investigation (GI). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan
perbaikan kualitas aktivitas guru, menganalisis peningkatan aktivitas siswa dan
menganalisis peningkatan hasil belajar.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan
dalam 2 kali pertemuan. Subjek penelitian ini siswa kelas IV SDN Sungai Jinggah 1
Banjarmasin Utara yang berjumlah 10 orang siswa terdiri dari 7 orang siswa laki-laki dan
3 orang siswa perempuan pada semester II tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang diambil merupakan data kualitatif
diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa kemudian menggunakan
data kuantitatif yang diperoleh melalui tes tertulis secara kelompok dan individu.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kualitas aktivitas guru pada pertemuan 1
memperoleh skor 24 (baik) meningkat menjadi 34 (sangat baik) pada pertemuan 4,
aktivitas siswa secara klasikal mencapai 30% (kurang aktif) pada pertemuan 1 dan
meningkat menjadi 100% pada pertemuan 4, serta hasil belajar secara klasikal mencapai
30% pada pertemuan 1 dan meningkat menjadi 100% pada pertemuan 4.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan aktivitas guru
terlaksana sangat baik, aktivitas siswa sudah sangat aktif dan hasil belajar telah mencapai
ketuntasan secara individu dan klasikal. Disarankan dengan penggunaan kombinasi
model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Group Investigation (GI)
tersebut dapat dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang
berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.