Abstract:
Dari hasil wawancara di SMAN 1 Banjarmasin diperoleh informasi bahwa pada
peserta didik kelas X terutama pada materi vektor belum pernah dilakukan analisis
pembelajaran. Oleh karena itu perlu dilakukan analisis pembelajaran berbasis
aplikasi android materi vektor bermuatan authentic learning melalui TBLA. Tujuan
penelitian ini ialah menganalisis keterlibatan peserta didik dan penggunaan kata
kunci selama proses pembelajaran menggunakan aplikasi android pada materi
vektor melalui TBLA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subyek
penelitian ini yaitu peserta didik kelas X tahun ajaran 2021/2022 dari SMAN 1
Banjarmasin dan guru mata pelajaran fisika. Tahapan pengumpulan data
menggunakan pola lesson study, yakni plan (Merencanakan), do (Melakukan), dan
see (Menganalisis). Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran yang dilakukan
selama siklus ke-1 masih didominasi oleh guru atau teacher centered. Secara
keseluruhan pembelajaran siklus 1 berlangsung dengan interaktif. Adapun
penggunaan kata kunci selama pembelajaran pertemuan pertama paling banyak
diucapkan yaitu “vektor” sebanyak 23 kali dari index ke-1 sampai ke-148.
Pembelajaran yang dilakukan selama siklus ke-2 masih didominasi oleh guru atau
teacher centered. Adapun kata kunci yang paling diucapkan pada siklus ke-2 yaitu
“apit” diucapkan sebanyak 43 kali dari index ke-1 sampai ke-409. Dengan demikian
pembelajaran yang dilakukan masih bersifat teacher centered, sehingga
berdasarkan hasil analisis ini direkomendasikan perencanaan pembelajaran yang
selanjutnya dapat lebih bersifat student centered.
Kata Kunci: TBLA, Teacher centered, vektor