Abstract:
Siswa yang memiliki academic hardiness yang tinggi secara umum akan memiliki keterampilan khusus yang ditunjukan untuk penguatan diri mereka ketika mengalami tekanan pada kegiatan akademik..Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui serta menganalisis keberhasilan dalam menggunakan teknik biblio-edukasi melalui layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan academic hardiness siswa kelas IX di SMP Negeri 9 Banjarmasin.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan bimbingan dan konseling (PTBK) dengan menggunakan mix methods dan dilaksanakan dengan tiga siklus. Setiap siklus terdiri darri tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Adapun sampel diperoleh menggunakan teknik purposive sampling dan didapatkan sampel kelas IX yang berjumlah 4 orang siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan diantaranya: lembar observasi beserta rubrik, dan angket academic hardiness.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pada setiap siklus, untuk aktivitas peneliti mencapai kategori “baik”, untuk aktivitas siswa mencapai kategori “aktif” serta hasil tindakan dari pelaksanaan layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik biblioedukasi mencapai kategori “berhasil”.