Abstract:
Permasalahan siswa dalam pembelajaran masih belum berjalan maksimal
karena siswa kurangnya motivasi dan tidak terlalu aktif dalam belajar. Hal ini
dikarenakan siswa cederung pasif dalam kegiatan pembelajaran, siswa kurang
memperhatikan guru dan asik sendiri, siswa kurang bekerjasama antar teman
dalam kelompok dan kurang interaksi antar siswa, sehingga siswa kurang
termotivasi dan keaktifannya pun menurun. Dengan kenyataan di atas, salah satu
upaya yang dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi dan aktivitas siswa
yaitu dengan menggunakan model STUDI Tujuan penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan dan menganalisis aktivitas guru, motivasi siswa, aktivitas siswa
dan hasil balajar siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan
jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak empat kali
pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Matang Ginalun tahun
pelajaran 2021/2022, dengan jumlah siswa sebanyak 16 orang. Data dihasilkan
dari lembar instrumen, lembar observasi dan tes hasil belajar, kemudian dianalisis
dengan teknik deskriptif dan digambarkan dalam bentuk tabel dan grafik.
selanjutnya diinterpretasikan dengan menggunakan kriteria pada masing-masing
indikator keberhasilan aktivitas guru, motivasi siswa, aktivitas siswa, serta
tercapainya ketuntasan belajar siswa secara individual dan klasikal.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I
mencapai skor 20 dengan kriteria “Baik” dan pada pertemuan IV mencapai skor
31 dengan kriteria “ Sangat Baik”. Motivasi siswa pada pertemuan I mencapai
50.00?ngan kriteri “Cukup Tinggi” dan pada pertemuan IV mencapai
100.00?ngan kriteria “Sangat Tinggi”. Aktivitas siswa pada pertemuan I
mencapai 43.75?ngan kriteria “Cukup Aktif” dan pada pertemuan IV
mencapai 100.00?ngan kriteria “Sangat Aktif”.Ketuntasan klasikal hasil
belajar siswa pada pertemuan I mencapai 50.00% peserta didik “tuntas” dan
pertemuan IV mencapai 100.00% siswa “tuntas”.
Berdasarkan hasil temuan ini dapat disimpulkan bahwa model STUDI dapat
meningkatkan motivasi dan aktivitas siswa. Disarankan penggunaan model
tersebut sebagai bahan pertimbangan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran
di kelas.