Abstract:
Flipbook bermuatan multi representasi yang didesain melalui software flip pdf professional untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah masih belum tersedia. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah menghasilkan flipbook materi gelombang bermuatan multi representasi yang layak untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE dengan subjek uji coba pada 32 peserta didik kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 11 Banjarmasin. Pengumpulan data melalui instrumen validasi, angket respon, dan tes pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan: (1) validitas flipbook bermuatan multi representasi memenuhi kriteria valid, (2) respon peserta didik terhadap flipbook bermuatan multi representasi memenuhi kriteria praktis, (3) flipbook bermuatan multi representasi termasuk efektif, karena diperoleh nilai Asymp.Sig (2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05. Diperoleh simpulan bahwa flipbook bermuatan multi representasi adalah layak untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik dalam pembelajaran fisika.