Abstract:
Hidayah, Mega Mustika. 2022. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi
Penyajian Data Menggunakan Kombinasi Model Problem Based
Learning (PBL) dan Numbered Head Together (NHT) pada kelas V
SDN Kuin Selatan 1 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru
Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas
Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Drs. Sunarno, M.Pd.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Penyajian Data, Problem Based Learning (PBL), dan
Numbered Head Together (NHT)
Permasalahan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah rendahnya hasil belajar
siswa kelas V pada pelajaran matematika materi penyajian data. Hal ini disebabkan
oleh kurangnya pemahaman siswa mengenai materi pembelajaran, siswa kurang
aktif dalam pembelajaran dan pembelajaran yang masih kurang bervariasi. Untuk
itu dilakukan penelitian dengan tujuan mendeskripsikan aktivitas guru, serta
menganalisis aktivitas siswa dan hasil belajar dengan menggunakan kombinasi
model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Numbered Head Together
(NHT) pada materi penyajian data.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama dua siklus. Setting penelitian
dilakukan di SDN Kuin Selatan 1 Banjarmasin pada siswa kelas V dengan jumlah
siswa 30 orang tahun ajaran 2021/2022. Penelitian dilakukan pada pelajaran
matematika materi penyajian data. Jenis data yang digunakan yaitu data kualitatif
berupa observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran
serta data kuantitatif berupa hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes tertulis
secara kelompok dan individu diakhir pertemuan. Analisis data dihitung
berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar klasikal yang telah
ditetapkan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I memperoleh
skor 18 dengan kriteria “baik” dan meningkat pada siklus II memperoleh skor 23
dengan kriteria “sangat baik”. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor 60?ngan kriteria “aktif” dan meningkat pada siklus II mencapai skor 90?ngan
kriteria “sangat aktif”. Hasil belajar siswa ranah kognitif pada siklus I mencapai
60?ngan kriteria “baik” dan meningkat pada siklus II mencapai 100?ngan
kriteria “sangat baik”.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan
menggunakan kombinasi model Problem Based Learning (PBL) dan Numbered
Head Together (NHT) dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil
belajar siswa pada pembelajaran matematika materi penyajian data. Dan disarankan
kepada guru, siswa, kepala sekolah dan peneliti lain untuk menggunakan kombinasi
model pembelajaran dalam menciptakan kegiatan belajar mengajar yang dapat
meningkatkan interaksi dan keterlibatan siswa pada kegiatan pembelajaran,
sehingga dapat meningkatkan hasil belajar