Abstract:
Membangun karakter peserta didik sangat diperlukan dalam rangka menyiapkan generasi bangsa yang berkualitas. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan bahan ajar teori kinetik gas bermuatan ayat-ayat Al-Qur’an untuk melatihkan karakter peserta didik. Kelayakan dilihat dari validitas bahan ajar, kepraktisan bahan ajar, dan efektivitas bahan ajar. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model ADDIE dan diujicobakan pada 19 peserta didik kelas XI MIA MAN 2 Balangan. Pengumpulan data melalui instrumen validasi pakar, angket respon peserta didik, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) bahan ajar yaitu RPP, LKPD, materi ajar dan THB memperoleh kategori sangat baik, (2) bahan ajar memperoleh kategori praktis dengan skor 3,17, (3) bahan ajar memperoleh kategori cukup efektif, nilai N-gain sebesar 0,68 dengan kategori sedang. Diperoleh simpulan bahwa bahan ajar layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran karena dengan hasil rata-rata post-test sebesar 76,32 dan hasil N-gain 0,68 sehingga bahan ajar layak untuk meningkatkan hasil belajar serta melatihkan karakter peserta didik.