Abstract:
Pembelajaran abad 21 menuntut inovasi dan memanfaatkan teknologi secara optimal. Namun, saat ini masih adanya bahan ajar yang hanya terpaku kepada buku cetak. Hal ini membuat peserta didik merasa bosan dan kesulitan dalam mengikuti proses pembelajaran sehingga dapat mengakibatkan rendahnya hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu, penelitian bertujuan untuk menghasilkan e-modul impuls dan momentum menggunakan aplikasi exe-learning untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik ditinjau dari kriteria validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE dan uji coba penelitian menggunakan one group pre-test and post-test design pada 26 orang peserta didik kelas X MIPA 3 SMAN 11 Banjarmasin. Data diperoleh melalui instrumen validasi e-modul, angket respon, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan: (1) e-modul termasuk valid karena validitas isi dan konstruknya masing-masing 3,19 dan 3,10 dengan kriteria valid, (2) e-modul termasuk praktis karena respon peserta didik sebesar 3,03 dengan kriteria praktis, (3) e-modul termasuk efektif, karena hasil uji wilcoxon menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar secara signifikan dari rerata nilai pre-test sebesar 4,91 (sangat rendah) dan nilai post-test sebesar 75,16 (tinggi). Dengan demikian, e-modul impuls dan momentum menggunakan aplikasi exe-learning adalah layak untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dan layak digunakan dalam proses pembelajaran fisika.
Kata kunci: E-modul, impuls dan momentum, hasil belajar