Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan keefektifan bahan ajar elektronika materi momentum linier impuls sehingga layak digunakan untuk melatih literasi berhitung siswa. Penelitian menggunakan model pengembangan ADDIE dengan uji coba post-test only control group design pada siswa kelas X di salah satu SMA di Banjarmasin. Pengumpulan data menggunakan instrumen validasi, angket respon siswa, dan tes literasi berhitung. Hasil penelitian menunjukkan: (1) valid dengan nilai 3,58 dengan kategori sangat valid, (2) praktis karena memperoleh nilai 2,89 dengan kategori praktis, (3) efektif berdasarkan uji t sig. (2 tailed) nilai 0,00 < 0,05 dan terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Bahan ajar elektronik yang dikembangkan cocok digunakan untuk melatih literasi berhitung siswa.
Kata kunci: momentum linier impuls, literasi berhitung, bahan ajar elektronik