Abstract:
Matematika merupakan mata pelajaran wajib yang diberikan pada setiap jenjang
pendidikan dasar sampai menengah. Kenyataannya, pelajaran matematika
dianggap sebagai salah satu mata pelajaran yang sulit dan merupakan pelajaran
yang banyak tidak disenangi oleh peserta didik. Sebagai salah satu upaya untuk
mengatasi permasalahan tersebut adalah melalui pengembangan LKPD berbasis
etnomatematika. Selain itu, agar matematika menjadi lebih dekat dengan
lingkungan peserta didik, maka dikembangkan LKPD berbasis etnomatematika
nyiru. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan LKPD pada materi lingkaran
berbasis etnomatematika nyiru kelas VIII SMP yang valid dan praktis. Metode
penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development dengan
model 4-D yang dibatasi hanya sampai tiga tahapan yaitu tahap pendefinisian,
perancangan, dan pengembangan. Pada tahap pengembangan dilakukan uji
validasi oleh dua orang ahli materi dan uji kepraktisan kepada 22 orang peserta
didik. Hasil uji validasi terhadap LKPD yang dikembangkan dianalisis
berdasarkan data hasil lembar validasi dengan hasil memenuhi kriteria valid. Hasil
uji kepraktisan dianalisis berdasarkan data angket respon peserta didik
memperoleh validitas kepraktisan dengan kriteria praktis. Sehingga, dihasilkan
LKPD pada materi lingkaran berbasis etnomatematika nyiru yang valid dan
praktis serta siap untuk diuji coba keefektifannya.
Kata Kunci : Etnomatematika, Lingkaran, LKPD, Nyiru.