Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar fisika bermuatan kearifan lokal untuk melatih keterampilan berpikir kritis peserta didik yang layak digunakan dalam proses pembelajaran fisika. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan dan efektivitas dari bahan ajar, serta pencapaian keterampilan berpikir kritis. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Teknik pengumpulan data yang diperoleh diantaranya menggunakan uji validasi, angket respon peserta didik, dan tes keterampilan berpikir kritis. Diperoleh hasil: 1) validitas bahan ajar memperoleh nilai 4,29 berkategori sangat baik, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan rata-rata 4,14 berkategori baik, Lembar Kerja Peserta Didik dengan rata-rata 4,27 berkategori sangat baik, dan Tes Hasil Belajar dengan rata-rata 4,26 berkategori sangat baik; 2) kepraktisan bahan ajar dengan rata-rata 3,93 berkategori baik; 3) efektivitas bahan ajar memenuhi kriteria ketuntasan berkategori baik; 4) keterampilan berpikir kritis melalui tes hasil belajar berkategori sedang. Dengan demikian, bahan ajar elektronik bermuatan kearifan lokal untuk melatih keterampilan berpikir kritis layak digunakan dalam pembelajaran.
Kata kunci: bahan ajar, kearifan lokal, keterampilan berpikir kritis