Abstract:
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui aktivitas guru, peningkatan aktivitas siswa
dan hasil belajar siswa pada materi operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan
berpenyebut sama di kelas III SDN Sungai Jingah 1 Banjarmasin. Pendekatan penelitian yang
digunakan adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) dengan empat kali pertemuan. Instrumen dalam penelitian ini
menggunakan lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, serta tes
tertulis untuk melihat hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan
bahwa dengan menggunakan modifikasi model GIANT terjadi peningkatan pada setiap variable
yang diteliti sesuai dengan indikator keberhasil yang ditetapkan, yaitu untuk aktivitas siswa
pada pertemuan 1 dari 71,43% meningkat menjadi 100% pada pertemuan 4 dengan kategori
Sangat Aktif. Kemudian ketuntasan klasikal hasil belajar mengalami peningkatan dari 57,14%
hingga menjadi 100%. Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa Model GIANT dapat
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Disarankan penggunaan model tersebut
merupakan salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.