Abstract:
Penggunaan bahan ajar yang tepat dan menarik merupakan salah satu faktor dalam menciptakan suasana pembelajaran yang membuat motivasi siswa untuk belajar meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar pada materi dinamika partikel melalui permainan tradisional Bahadangan dengan setting pembelajaran kooperatif yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan motivasi siswa. Penelitian yang dilakukan ini menggunakan jenis penelitian pengembangan dengan model ADDIE pada subjek uji coba 31 siswa kelas X MIPA 2 SMAN 1 Tanjung. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui instrumen validasi, lembar keterlaksanaan RPP, tes hasil belajar, dan angket motivasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Bahan ajar dinyatakan valid, yang dilihat dari hasil validasi RPP, materi ajar, LKS, dan THB berkategori valid; Bahan ajar dinyatakan praktis, yang dilihat dari lembar keterlaksanaan RPP berkategori sangat praktis; (3) Bahan ajar dinyatakan efektif dengan perolehan N-Gain THB sebesar 0,55 berkategori sedang; dan (4) Motivasi siswa mengalami peningkatan, yang diperoleh melalui hasil angket motivasi dengan penilaian indikator motivasi attention (perhatian), relevance (relevansi), confidence (percaya diri), dan satisfaction (kepuasan). Sehingga, bahan ajar materi dinamika partikel melalui permainan tradisional Bahadangan dengan setting pembelajaran kooperatif layak digunakan untuk meningkatkan motivasi siswa.