Abstract:
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Pelayanan Pembuatan Kartu
Identitas Anak secara online melalui aplikasi whatsapp dan hambatan-hambatan yang
terjadi dalam pelaksanaannya.
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif untuk dapat
mendeskripsikan dan menggambarkan efektivitas dari Pelayanan Pembuatan Kartu
Identitas Anak secara online melalui aplikasi whatsapp melalui fakta saat pelaksanaan di
lapangan yang akurat. Sumber data yang digunakan terdiri dari data primer yaitu
observasi dan wawancara lalu data sekunder berupa buku, jurnal, peraturan dan data
lokasi penelitian. Teknik analisa data yang digunakan dari Miles dan Huberman
(Sugiyono, 2018) yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian terkait Pelayanan Pembuatan Kartu Identitas Anak Secara Online
melalaui aplikasi whatsapp diukur dengan menggunakan teori Duncan dalam Steers
(1985) yang terdiri dari tiga indikator yaitu pencapaian tujuan, integrasi dan adaptasi. Dari
4 mekanisme pelayanan pembuatan kia secara online ini, hampir seluruh mekanisme
berjalan efektif sesuai dengan indikator efektivitas menurut Duncan. Kecuali mekanisme
pada nomer 4 dan nomer 2, yaitu Dokumen KIA dikirim ke Rumah Oleh petugas POS
dari segi pencapaian tujuan intergrasinya kurang efektif karena lamanya proses
pengiriman dan sosialisasi yang dijalankan hanya melalaui berupa pesan whatsapp
singkat, tidak secara mendetail informasi yang disampaikan. Selain Dokumen kia dikirim
ke Rumah Oleh petugas POS, pada mekanisme Petugas Operator menerima dan
memeriksa berkas permohonana kemudian mengery/input data juga masih belum
sepenuhnya efektif. Hal tersebut berdasarkan jangka waktu yang dibutuhkan dalam
pemeriksaan berkas masih tergolong lama. Faktor-faktor yang menghambat pelayanan
pembuatan kia secara online melalui aplikasi whatsapp di Kantor Dinas Kependudukan
dan Pencatatan Sipil Kota Banjarmasin terbagi menjadi dua hambatan:1) Kurangnya
SDM operator dan 2) Masyarakat terkendala dalam menggunakan pelayanan dengan
sistem online.
Berdasarkan Hasil penelitian, dapat dismpulkan bahwa pelayanan kia secara
online melalui aplikasi whatsapp berjalan cukup efektif, hal tersebut terjadi karena ada
beberapa indikator mengenai jangka waktu yang tidak sesuai dengan apa yang diharapkan
oleh pemohon atau masyarakat. Saran dari peneliti mengadakan sosialisasi secara masif
mengingat kia masih rendah dikota banjarmasin; Penambahan sumber daya manusia
terutama pada bagian operator, lebih meningkatakan lagi komunikasi dengan mitra kerja
terutama mitra PT POS yang sering sekali mengirimkan kartu kia lewat pada waktu.
Kata kunci: Efektivitas Pelayanan, Kartu Identitas Ana