Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan imunisasi rutin yang diberikan oleh penyelenggara pelayanan di Unit Pelaksana Teknis Puskesmas Sungai Tabuk 3 Kabupaten Banjar serta mengetahui faktor penghambat dalam kualitas pelayanan Imunisasi Rutin. Lokasi penelitian bertempat di Unit Pelaksana Teknis Puskesmas Sungai Tabuk 3 Jl. Martapura Lama Km. 06 Desa Sungai Bakung Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah masyarakat atau selaku orangtua anak dan petugas/pihak terkait Pelayanan Imunisasi Rutin Puskesmas Sungai Tabuk 3. Sumber yang digunakan berupa data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik Miles dan Hubeman, dalam Sugiyono (2018) yakni melalui tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan kualitas pelayanan imunisasi rutin di Unit Pelaksana Teknis Puskesmas Sungai Tabuk 3 Kabupaten Banjar sudah cukup baik, dapat dilihat dari 9 indikator berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelengara Pubik meliputi :1) Persyaratan, 2) Sistem, Mekanisme dan Prosedur, 3) Waktu Penyelesaian, 4) Biaya/Tarif, 5) Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan, 6) Kompetensi Pelaksana, 7) Perilaku Pelaksana, 8) Penanganan, Pengaduan, Sarana dan Masukan, 9) Sarana dan Prasarana. Pada penelitian ini juga terdapat faktor penghambat internal dan eksternal dalam kualitas pelayanan imunisasi rutin.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan Publik, Pelayanan Imunisasi Rutin