Abstract:
“ABSTRAK”
Tujuan dari penelitian untuk menggambarkan akan kinerja Pegawai dalam melayani
masyarakat di Kantor Kecamatan Juai Kabupaten Balangan terutama pada Pelayanan, Fenomena
masalah yang ada di dalam penelitian ini yaitu masih adanya beberapa pegawai yang datAng
terlambat ke kantor dan ada juga yang keluar masuk kantor pada saat jam kerja sehingga ketika ada
masyarakat yang ingin berurusan ke Kantor bisa menunggu lama. Lalu kurangnya Sarana dan
Prasarana.
Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan
tipe penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mendiskripsikan apa-apa yang saat ini berlaku dengan
mengacu pada 4 (empat) indikator yaitu: Kualitas, Kuantitas, Keandalan, dan Sikap. Sumber Data
yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
“Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa Kinerja Pegawai di Kantor Kecamatan Juai sudah
cukup baik, namun masih belum optimal karena masih ada beberapa pegawai yang tidak bekerja
sesuai dengan topuksinya sehingga mempengaruhi kinerja pegawai dalam pekerjaannya, Beberapa
faktor yang menjadi penghambat kinerja seperti kurangnya kedisiplinan hal ini dilihat dari
keterlambatan pegawai masuk kantor dan kurangnya sarana prasarana.”
Berdasarkan kesimpulan penelitian, 1). hendaknya pimpinan lebih memperhatikan pegawai
yang kurang disiplin dengan waktu 2). diharapkan agar dapat melengkapi juga sarana dan prasarana
yang ada di kantor seperti pendingin ruangan dan printer. 3) bagi masyarakat gunakanlah kotak saran
agar dapat memberi masukan kepada pegawai atas pelayanan yang diberikan.
Kata Kunci : Kinerja, Pegawai, Pelayanan