Abstract:
Modul elektronik berbasis kearifan lokal untuk melatihkan keterampilan proses sains belum tersedia, terutama pada materi Gerak Harmonik Sederhana. Penelitian
ini, bertujuan menghasilkan modul elektronik pada gerak harmonik sederhana untuk melatih keterampilan proses sains yang layak digunakan dalam proses pembelajaran. Tujuan khusus penelitian ini yakni mendeskripsikan: 1) validitas Modul elektronik berbasis kearifan lokal, 2) kepraktisan Modul elektronik berbasis kearifan lokal, 3) efektivitas Modul elektronik berbasis kearifan lokal, dan 4) pencapaian keterampilan proses sains peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui lembar validasi, angket respon, dan lembar pengamatan keterampilan proses sains. Sementara teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) validitas modul elektronik dengan rata-rata 3,70 berkategori sangat baik, RPP dengan rata-rata 3,70 , LKPD dengan rata-rata 3,48 berkategori baik dan THB dengan rata-rata 3,63 berkategori sangat baik, (2) kepraktisan modul elektronik dengan rata-rata 3,13 berkategori baik, (3) efektivitas bahan ajar elektronik memenuhi kriteria efektif dengan N-gain 0,72 berkategori tinggi, dan (4) pencapaian keterampilan proses sains dilihat dari lembar pengamatan keterampilan proses sains dengan kategori sangat baik. Dengan
demikian, diperoleh simpulan bahwa modul elektronik gerak harmonik sederhana berbasis kearifan lokal layak digunakan dalam pembelajaran untuk melatihkan keterampilan proses sains peserta didik.
Kata Kunci: Gerak Harmonik Sederhana, Keterampilan Proses Sains, Kearifan Lokal