Abstract:
ABSTRAK
Keterampilan pemecahan masalah dalam pembelajaran fisika sangat dibutuhkan peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kelayakan materi ajar elektronik impuls dan momentum bermuatan permainan tradisional balogo untuk melatihkan keterampilan pemecahan masalah. Jenis peneltian dan pengembangan ini menggunakan model ADDIE dan uji coba penelitian menggunakan one group pre-test and post-test design. Subjek uji coba adalah 34 peserta didik kelas X MIPA 4 SMA Negeri 4 Banjarmasin. Data yang diperoleh melalui instrumen validasi, angket respon peserta didik, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Validitas materi ajar berkategori valid dengan skor rata-rata 3,31; (2) Kepraktisan materi ajar berkategori praktis dengan skor rata-rata 3,39; (3) Efektivitas materi ajar berkategori tuntas dengan nilai ketuntasan klasikal 88,23%; (4) Kemampuan keterampilan pemecahan masalah untuk pretest hasilnya rendah dan untuk posttest mengalami peningkatan. Simpulkan dari hasil penelitian adalah bahwa materi ajar elektronik impuls dan momentum bermuatan permainan tradisional balogo yang dikembangkan layak untuk melatihkan keterampilan pemecahan masalah. Dengan demikian, materi ajar elektronik dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran disekolah.
Kata Kunci: Permainan tradisional balogo, keterampilan pemecahan masalah, materi ajar