Abstract:
Salah satu upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia pada era digital sekarang adalah dengan meningkatkan keterampilan dasar perserta didik seperti Keterampilan Proses Sains (KPS). Observasi yang dilakukan pada kelas XI IPA 2 SMA Negeri 6 Banjarmasin menunjukkan bahwa KPS peserta didik masih rendah. Oleh sebab itu dilakukan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar dengan pendekatan STEM untuk melatih keterampilan proses sains sekaligus mendeskripsikan kelayakannya. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah ADDIE. Subjek uji coba penelitian ini 25 peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Sedangkan teknik analisis data dilakukan secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan: (1) Valid berdasarkan penilaian akademisi dengan kategori baik, (2) Praktis berdasarkan keterlaksanaan RPP dengan kategori sangat baik, (3) Efektif berdasarkan perolehan gain skor dengan kategori sedang, dan (4) Pencapaian KPS dengan kategori terampil. Disimpulkan bahwa bahan ajar melalui pendekatan STEM untuk melatih keterampilan proses sains layak digunakan dalam pembelajaran.
Kata kunci: Bahan ajar, pendekatan STEM, gelombang cahaya, keterampilan proses sains.