Abstract:
Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan yang dituntut
kepada mahasiswa pada abad ke-21 yang menuntut mahasiswa untuk mengunakan
level kognitif tingkat analisis, evaluasi, dan mencipta. Buku ajar yang dapat
meningkatkan keterampilan berpikir kritis adalah buku ajar tentang Penelitian
Pendidikan Biologi (P2BIO). Buku ajar tentang P2BIO yang dikembangkan
menggunakan model EDR melalui evaluasi formative dari Tessmer untuk
menghasilkan buku ajar yang valid, praktis, dan efektif. Tahapan pengembangan
yang dilakukan dalam penelitian ini diantaranya evaluasi diri, uji pakar yang terdiri
dari 3 dosen Magister Pendidikan Biologi ULM, uji perorangan terdiri dari 3
mahasiswa, uji kelompok kecil berjumlah 5 mahasiswa, dan uji lapangan berjumlah
25 mahasiswa S1 Pendidikan Biologi ULM. Hasil penelitian pada buku ajar yang
dikembangkan pada uji pakar mendapatkan 91,07 dengan kategori sangat valid
artinya buku ajar yang dikembangkan oleh peneliti layak untuk digunakan pada
proses pembelajaran P2BIO, uji perorangan untuk mendapatkan data kepraktisan
isi memperoleh nilai 87,18 dengan kategori sangat praktis yang artinya mudah
untuk dipahami, hasil respon mahasiswa harapan dan aktual terhadap buku ajar
P2BIO mendapat nilai rata-rata 92,20 dan 94,00 dengan masing-masing kategori
sangat praktis yang artinya buku ajar yang dikembangkan sangat mudah digunakan
mahasiswa dalam proses pembelajaran, hasil dari keterlaksanaan harapan dan
aktual terhadap buku ajar P2BIO mendapat nilai rata-rata 82,86 dan 92,86 dengan
masing-masing kategori sangat praktis yang artinya setiap langkah proses
pembelajaran berjalan dengan baik. Keterampilan berpikir kritis mahasiswa
mendapat nilai rata-rata N-gain 0,3 – 0,5 dengan kategori sedang yang artinya buku
ajar yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis
mahasiswa dan dapat diimplementasikan mahasiswa dalam pembelajaran P2BIO.