Abstract:
Keterampilan berpikir kritis termasuk salah satu kompeksi Abad ke-21, namun keterbatasan buku ajar membuat kekurangan tersebut kurang telatih pada mahasiswa. Penelitian ini bertujuan menghasilkan buku ajar etnobotani masyarakat Dayak di Cagar Alam Tengkiling yang layak untuk meningktkan keterampilan berpikir mahasiswa di tinjau dari aspek validitas, kepraktisan dan keefektifannya. Penelitian ini menggunakan model Tessmer meliputi evaluasi diri, uji pakar, uji perorangan, uji kelompok kecil, uji lapangan. Subjek penelitian pada uji validasi buku ajar dilakukan oleh tiga ahl; Uji perorang, kelompok kecil dan lapangan secara berturut-turut dilakukan terhadap 3, 5 dan 13 mahasiswa S1. Hasil penelitian menunjukan bahwa buku ajar yang dikembangkan termasuk sangat valid berdasarkan nilai kelayakan isi dengan nilai 85, penyajian dengan nilai 90, serta kebahasaan dengan nilai 79 dengan kriteria valid; buku ajar termasuk praktis berdasarkan nilai keterbacaan isi, respon mahasiswa dan keterlaksanaan buku ajar pada uji kelompok kecil dan uji lapangan dalam kriteria sangat baik. buku ajar termasuk efektif berdasarkan nilai N-Gain berpikir kritis pada uji lapangan sebesar 0,7 dengan kriteria sedang, dapat disimpulkan bahwa buku ajar Etnobotani masyarakat Dayak yang dikembangkan adalah layak digunakan untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa.