Abstract:
Buku ajar merupakan salah satu media yang memberikan kontribusi dalam proses pembelajaran serta dalam melatihkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa, akan tetapi belum dikembangkan secara merata khususnya pada materi Biosistematika Tumbuhan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan buku ajar Biosistematika Tumbuhan yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah uji formatif Tessmer dengan tahap-tahap meliputi evaluasi diri, uji pakar, uji perorangan, uji kelompok kecil, dan uji lapangan. Subjek penelitian yang digunakan adalah 3 pakar untuk menguji validitas buku ajar Biosistematika Tumbuhan, 3 mahasiswa untuk uji perorangan, 5 mahasiswa untuk uji kelompok kecil dan 13 mahasiswa untuk uji lapangan. Teknis analisis data dilakukan sesuai dengan tujuan dari penelitian yang meliputi validitas Buku ajar, kepraktisan buku ajar, keefektifan buku ajar. Hasil penelitian menunjukan buku ajar yang telah dikembangkan dinyatakan sangat valid dengan nilai rata-rata 85,7?rdasarkan hasil validasi ahli, sedangkan berdasarkan uji perorangan buku ajar dinyatakan sangat baik dengan rata-rata 95,8%. Buku ajar yang telah dikembangkan dinyatakan praktis karena hasil respon mahasiswa sebesar 91,6?ngan kriteria sangat Baik, hasil keterlaksanaan Buku ajar rata-rata 91,6%. Buku ajar yang dikembangkan dinyatakan efektif karena hasil kemampuan berpikir kritis mahasiswa mendapatkan hasil rata-rata N-Gain sebesar 0,6 pada kriteria sedang. Berdasarkan pada hasil uji tersebut, secara keseluruhan bahwa Buku Ajar Biosistematika Tumbuhan ini dinyatakan valid, praktis dan efektif digunakan untuk melatihkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa dalam pembelajaran.