Abstract:
Buku Ilmiah Populer sebagai sumber belajar pembelajaran Etnobotani masih memuat materi secara umum, belum banyak yang memuat potensi lokal. Kemajuan zaman dikhawatirkan akan mendegradasi pengetahuan masyarakat tentang pemanfaatan potensi lokal. BIP sebagai sumber belajar memuat potensi lokal dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa. Tujuan penelitian untuk menghasilkan BIP yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa. Metode model EDR melalui evaluasi formatif Tessmer. Tahapan pengembangan meliputi evaluasi diri, uji pakar yaitu 3 dosen Magister Pendidikan Biologi ULM. Uji coba perorangan 3 mahasiswa, uji kelompok kecil 5 mahasiswa, dan uji lapangan 20 mahasiswa S1 Pendidikan Biologi yang telah satu tahun lulus mata kuliah Etnobotani. Teknik analisis data meliputi validitas dilakukan oleh 3 validator. Kepraktisan diperoleh dari respons mahasiswa dan keterlaksanaan oleh observer. Keefektifan diperoleh dari hasil penuntun praktikum dan soal evaluasi yang dikerjakan oleh mahasiswa. Hasil penelitian BIP berkategori valid nilai rata-rata 3,43. Hasil uji perorangan yaitu 93,59 menunjukkan BIP yang dikembangkan menarik dan mudah dipahami mahasiswa. Kepraktisan BIP dari hasil respon mahasiswa secara harapan nilai rata-rata 81,43 dan secara aktual nilai rata-rata 82,86 berkategori sangat praktis Keterlaksanaan BIP secara harapan nilai rata-rata 85,19 dan aktual nilai rata-rata 88,89 berkategori sangat praktis. Keterampilan berpikir kritis meliputi interpretasi, analisis, evaluasi, inferensi, eksplanasi dan pengaturan diri yang masing-masing berkategori sedang. Keterampilan berpikir kritis mahasiswa pada uji kelompok kecil yaitu 0,46 berkategori sedang dan pada uji lapangan yaitu 0,54 berkategori sedang. Kesimpulannya BIP adalah valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa.