Abstract:
Peserta didik di tingkat Sekolah Menengah Atas yang berusaha mencapai tujuan belajar seringkali mendapatkan permasalahan seperti bosan, malas hingga rendahnya motivasi. Permasalahan tersebut perlu diatasi dengan peningkatan optimisme pada peserta didik agar lebih semangat dalam belajar. Optimisme pada peserta didik dapat terbentuk jika peserta didik memiliki regulasi diri dalam belajar yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap peranan regulasi diri dalam belajar terhadap optimisme pada peserta didik di SMAN 1 Tamiang Layang. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 134 siswa yang ditentukan menggunakan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian berupa skala Self Regulated Learning dan skala adaptasi yang bernama Life Orientation Test-Revised. Metode analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peranan secara signifikan antara regulasi diri dalam belajar terhadap optimisme pada peserta didik di SMAN 1 Tamiang Layang. Sumbangan efektif regulasi diri dalam belajar terhadap optimisme sebesar 7,8%, sedangkan 92,2% merupakan faktor-faktor lain.